Thursday, December 27, 2018

Bagaimana Sejarah Awal Perayaan Tahun Baru


Peradaban di seluruh dunia telah merayakan awal setiap tahun baru selama setidaknya empat milenium. Hari ini, sebagian besar perayaan Tahun Baru dimulai pada tanggal 31 Desember (Malam Tahun Baru), hari terakhir kalender Gregorian, dan berlanjut hingga dini hari 1 Januari (Hari Tahun Baru).

Tradisi umum tahun baru di dalamnya termasuk menghadiri pesta, makan malamTahun Baru khusus, membuat resolusi untuk tahun baru, hingga menonton pertunjukan kembang api.

Perayaan Tahun Baru Awal

Perayaan paling awal yang dicatat untuk menghormati tanggal kedatangan tahun baru sekitar 4.000 tahun ke Babel kuno. Bagi orang Babilonia, bulan baru pertama setelah titik balik musim semi, hari di akhir Maret dengan jumlah sinar matahari dan kegelapan yang sama, menandai dimulainya tahun baru.


Mereka menandai kesempatan itu dengan festival keagamaan besar-besaran yang disebut Akitu (berasal dari kata Sumeria, yang dipotong pada musim semi) yang melibatkan ritual berbeda pada masing-masing 11 hari. Selain tahun baru, Atiku merayakan kemenangan mitos dewa langit Babel Marduk atas dewi laut jahat Tiamat dan melayani tujuan politik yang penting. Pada masa inilah raja baru dimahkotai secara simbolis.

Sepanjang zaman dahulu, peradaban di seluruh dunia mengembangkan kalender yang semakin canggih, biasanya menyematkan hari pertama tahun itu ke acara pertanian atau astronomi. Di Mesir, misalnya, tahun itu dimulai dengan banjir tahunan Sungai Nil, yang bertepatan dengan terbitnya bintang Sirius.

1 Januari Menjadi Hari Tahun Baru

Kalender Romawi awal terdiri dari 10 bulan dan 304 hari, dengan setiap tahun baru dimulai pada vernal equinox, menurut tradisi, itu diciptakan oleh Romulus, pendiri Roma, pada abad ke delapan SM.

Raja berikutnya, Numa Pompilius, dikreditkan dengan menambahkan bulan Januarius dan Februarius. Selama berabad-abad, kalender itu tidak selaras dengan matahari, dan pada 46 SM kaisar Julius Caesar memutuskan untuk menyelesaikan masalah dengan berkonsultasi dengan para astronom dan ahli matematika paling terkenal pada masanya.

Dia memperkenalkan kalender Julian, yang sangat mirip dengan kalender Gregorian yang lebih modern yang digunakan sebagian besar negara di dunia saat ini.

Dan perlu Anda ketahui, untuk menyelaraskan kalender Romawi dengan matahari, Julius Caesar harus menambahkan 90 hari tambahan ke tahun 46 SM ketika ia memperkenalkan kalender Julian yang baru.


Sebagai bagian dari reformasinya, Caesar melembagakan 1 Januari sebagai hari pertama tahun itu, sebagian untuk menghormati nama bulan itu, Janus, dewa permulaan Romawi, yang kedua wajahnya memungkinkan dia untuk melihat kembali ke masa lalu dan maju ke masa depan.

Orang-orang Romawi merayakan dengan mempersembahkan korban kepada Janus, bertukar hadiah satu sama lain, mendekorasi rumah mereka dengan cabang-cabang pohon laurel dan menghadiri pesta-pesta parau.

Di Eropa abad pertengahan, para pemimpin Kristen untuk sementara menggantikan 1 Januari sebagai tahun pertama dengan hari-hari yang lebih penting secara keagamaan, seperti 25 Desember (peringatan kelahiran Yesus) dan 25 Maret (Pesta Pemberitaan Kabar Sukacita), Paus Gregorius XIII mendirikan kembali 1 Januari sebagai Hari Tahun Baru pada 1582.

Tradisi Tahun Baru

Di banyak negara, perayaan Tahun Baru dimulai pada malam hari tanggal 31 Desember (Malam Tahun Baru), dan berlanjut hingga dini hari tanggal 1 Januari. Orang-orang yang bersuka ria sering menikmati makanan dan makanan ringan yang dianggap memberikan keberuntungan untuk tahun yang akan datang.

Di Spanyol dan beberapa negara berbahasa Spanyol lainnya, orang-orang membubuhi selusin anggur, melambangkan harapan mereka untuk bulan-bulan mendatang tepat sebelum tengah malam. Di banyak bagian dunia, hidangan tradisional Tahun Baru menampilkan polong-polongan, yang dianggap menyerupai koin dan menandai kesuksesan finansial masa depan.

Contohnya termasuk lentil di Italia dan kacang polong hitam di Amerika Serikat bagian selatan. Karena babi mewakili kemajuan dan kemakmuran di beberapa budaya, babi muncul di meja Malam Tahun Baru di Kuba, Austria, Hongaria, Portugal dan negara-negara lain.

Kue dan kue-kue berbentuk cincin, pertanda bahwa tahun telah tiba, Meksiko, Yunani, dan di tempat lain merayakan Tahun Baru baru dengan hidangan itu. Sementara itu, di Swedia dan Norwegia, puding beras dengan almond yang tersembunyi di dalamnya disajikan pada Malam Tahun Baru. Dikatakan bahwa siapa pun yang menemukan kacang dapat mengharapkan keberuntungan 12 bulan ke depan.


Kebiasaan lain yang umum di seluruh dunia termasuk menonton kembang api dan menyanyikan lagu untuk menyambut tahun baru, termasuk “Auld Lang Syne” yang populer di banyak negara berbahasa Inggris. Praktek membuat resolusi untuk tahun baru diperkirakan pertama kali ditemukan di antara orang Babilonia kuno, yang membuat janji untuk mendapatkan bantuan dari para dewa dan memulai tahun dengan kaki kanan. (Mereka dilaporkan akan bersumpah untuk melunasi hutang dan mengembalikan peralatan pertanian yang dipinjam.)

Di Amerika Serikat, tradisi Tahun Baru yang paling ikonik adalah menjatuhkan bola raksasa di Times Square, New York City pada tengah malam. Jutaan orang di seluruh dunia menonton acara tersebut, yang telah berlangsung hampir setiap tahun sejak 1907.

Seiring berjalannya waktu, bola itu sendiri melambung dari bola besi dan kayu seberat 700 pon ke bola bermotif cerah berdiameter 12 kaki dan berat. hampir 12.000 pound. Berbagai kota di Amerika telah mengembangkan versi mereka sendiri dari ritual Times Square, mengatur barang-barang publik mulai dari acar (Dillsburg, Pennsylvania ) hingga possum (Tallapoosa, Georgia) pada tengah malam pada Malam Tahun Baru.

Lihat juga keindahan Indonesia melalui video di bawah ini

No comments:

Post a Comment